Sabtu, 12 Februari 2011

Cara Meningkatkan Konsentrasi Kerja

Kabar baik untuk Anda para coffee lover. Studi terkini menyebutkan konsumsi kafein akan membantu para pekerja waktu gilir (shift) malam terhindar dari kesalahan.

Kerja lembur atau kerja shift malam banyak dilakukan para pekerja. Dalam jangka panjang hal ini bisa mengganggu jam biologis. Mulai dari waktu tidur yang berkurang, atau mengantuk saat bekerja. Akibatnya kemungkinan terjadinya error saat bekerja juga lebih tinggi.

Sibuk mengerjakan tugas-tugas kantor setiap hari, dan bertemu dengan rutinitas yang sama, kadang membuat kita merasa jenuh dan tidak bersemangat. Belum lagi saat siang menjelang sore, rasa kantuk pun mendera. Alhasil, kita tidak bisa mengerjakan tugas secara optimal, dan hasil pekerjaan pun bisa kurang maksimal.

Ada banyak cara untuk menghindari kejenuhan saat bekerja di kantor, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein. Menyeruput secangkir kopi susu hangat saat pikiran merasa lelah dan malas, bisa menjadi alternatif untuk menambah semangat kerja.

Dalam sebuah analisa terhadap 13 studi mengenai efek kafein pada kemampuan kerja pekerja shift malam, diketahui kafein akan membuat para pekerja lebih sigap, fokus, dan memudahkan mereka menghadapi tantangan sehingga terjadinya error bisa ditekan.
Responden dalam penelitian tersebut mengonsumsi kafein dalam berbagai variasi, seperti kopi, pil, minuman berenergi, makanan, dan sebagian lain diberikan placebo. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi kafein memiliki performa kerja lebih baik dibanding yang mendapat placebo.

Kafein merangsang sistem saraf pusat, yang berakibat pada peningkatkan kemampuan mengingat, konsentrasi, persepsi, dan berpendapat. Meski demikian, terlalu banyak kafein bukan berarti tanpa efek samping. Dalam dosis berlebihan, antara 2-7 cangkir kopi atau lebih dari 250 mg, dapat menimbulkan kegelisahan, mual, atau sakit kepala. Jika dosisnya lebih tinggi, bisa menyebabkan gangguan emosi.

Kafein yang terkandung didalam kopi adalah zat kimia yang berasal dari tanaman yang dapat menstimulasi otak dan sistem saraf. Kafein tergolong jenis alkaloid yang juga dikenal sebagai trimetilsantin. Jadi, secangkir kopi cukup untuk mengusir rasa kantuk dengan segera. Otak pun menjadi lebih segar dan jernih, Anda pun siap menjalani hari-hari sibuk di kantor.

Sensasi kenikmatan menyeruput kopi, bisa lebih menyenangkan dengan rasa atau bahan lain yang ditambahkan ke dalam minuman Anda. Hazelnut, cherry, mint atau vanilla? Bisa Anda pilih sesuai selera.


sumber : www.suaramedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar